Jumat, 15 April 2016

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Pada sekitaran 200 SM, Ctesibius dari Alexandria temukan pompa tangan yang dapat memberi air ke api serta di ketahui kalau beberapa orang Romawi memakai rantai ember, ember melalui tangan ke tangan untuk memberi air ke titik api.

Lalu, pada Era Pertengahan, 'penyemprotan' mulai dipakai untuk mengaplikasikan jet air untuk api. Penyemprotan bekerja agak seperti pompa sepeda. Nozzle nya itu di celupkan ke air serta sekitaran satu liter tersedot dengan menarik keluar plunger. Penyemprotan dibebankan lalu diarahkan ke api serta mendorong plunger untuk memadamkan api. Penyemprotan dipakai di 1666 Kebakaran Besar London.

Versus pertama dari alat pemadam kebakaran portable yang moderen diketemukan oleh Kapten George William Manby pada th. 1819, yang terbagi dalam kapal tembaga dari 3 galon (13, 6 liter) mutiara abu (kalium) jalan keluar dibawah desakan hawa terkompresi.

Sekitaran th. 1912, Pyrene meniti karbon tetraklorida atau CTC pemadam, dimana cairan dipisahkan dari kuningan atau krom container dengan pompa tangan ke api. Ukuran umumnya berkisaran dari 1 liter (1. 1 L) atau 1 liter berkisaran (0, 6 L) namun juga di buat dalam 2 kemampuan sampai 2 galon berkisaran ukuran (9 L). CTC vapourised serta memadamkan api dengan memakai reaksi kimia. Pemadam ini pas untuk kebakaran cair serta listrik serta popular di kendaraan bermotor untuk 60 th. ke depan. Uap serta pembakaran oleh - product yang begitu beracun serta mematikan itu berlangsung dari memakai alat pemadam ini di ruangan tertutup.

Akhir era ke-19 adalah penemuan soda api. Asam, dimana silinder yaitu 1 atau 2 galon air yang mempunyai natrium bikarbonat digabung dalam penahan silinder yaitu botol yang memiliki kandungan asam sulfat pekat. Botol asam rusak oleh satu diantara dua langkah, bergantung pada type pemadam. Satu diantara langkah melibatkan pemakaian booster tidak mematuhi botol asam, sedang yang ke-2 melibatkan pelepasan orang yang memimpin yang diselenggarakan botol ditutup. Sesudah asam digabung dengan larutan bikarbonat, gas karbon dioksida bakal di keluarkan serta ini pada gilirannya bakal memukul air. Air bertekanan dipaksa keluar dari tabung lewat panjang pendek selang serta nozzle. Asam dinetralisasi oleh natrium bikarbonat.

Busa pemadam kebakaran terbagi dalam sisi paling utama dari alat pemadam berisi busa menghasilkan bahan kimia serta wadah ke-2 berisi bahan kimia lain yang bereaksi saat datang kedalam kontak dengan jalan keluar dalam silinder paling utama. Untuk menjalankan alat pemadam Anda menghidupkan terbalik serta membiarkan dua jalan keluar untuk kombinasi, lantas tahan jari Anda diatas nozzle discharge serta kocok pemadam untuk meyakinkan kalau jalan keluar yang pas yaitu satu preparasi serta lalu transisi ke api.

Pertengahan era ke-2 puluh type moderen pemadam nampak memakai agen pemadam yang tidak sama. Produsen alat pemadam biasanya memakai sebagian type kapal bertekanan untuk menaruh serta debet bahan pemadam.

Type pertama alat pemadam kebakaran (Fig1) bertekanan dengan hawa sekitaran 10 bar, lima kali desakan ban mobil, dari kompresor. Satu pegangan meremas- grip beroperasi katup pegas ulir kedalam silinder desakan. Didalam, pipa atau dip tube meluas ke sisi bawah pemadam hingga dalam posisi tegak, pembukaan tabung terendam. Agen pemadam dilepaskan sebagai aliran lewat selang serta nozzle, didorong oleh desakan disimpan di atasnya.